Langsung ke konten utama

Membangun Web Page

II. Membangun Web Page
----------------------------------------------------
HTML menyulitkan Anda ? Bagi Anda yang belum  menguasai penulis halaman dengan HTML  tidak  perlu  berkecil  hati. Karena dengan menggunakan FrontPage kita bisa membuat  web page yang canggih tanpa  harus   memahami  secara  mendalam cara penulisan  dokumen  HTML.   Bahkan  kita  tidak  perlu mengetahui sedikitpun tentang HTML.

Memulai Editor
   Untuk membuat, mengedit, memformat web  page  (halaman) kita    harus   menggunakan   FrontPage    Editor.     Untuk mengaktifkan  FrontPage  Editor,  buka  menu   Tools   dari Explorer, pilih Show FrontPage Editor.

   Dengan menggunakan FrontPage Editor, kita dapat membuat dokument html yang sangat canggih. Dan yang paling penting kita bisa memformat halaman dengan sangat mudah.   Terutama bagi Anda yang  sudah  menguasai  Microsoft  Word.   Karena perintah-perintah dalam FrontPage  Editor sebagian  besar sama dengan perintah dalam Microsoft Word.

Memformat Teks
   Agar tampak rapi dan indah serta menarik, maka  halaman kita harus diformat  semenarik  mungkin. Untuk  memformat teks baik mengenai ukuran hurup, warna, jenis hurup, gaya, dan  efek-efek   khusus    (superscript   dan   subscript), langkahnya : Pertama pilih teks (diblok)  yang  akan  kita format.   Kedua,    buka   menu    Format,     Font,    atur pilihan-pilihan mengenai warna, ukuran, gaya, jenis  huruf yang kita inginkan.

Memformat Paragrap
   - Membuat paragrap baru, untuk  membuat  paragrap  baru anda cukup menekan tombol Enter.
   - Perataan, untuk mengatur perataan paragrap,  jalankan menu Format, Paragraph, alingment.
   - Pemisah baris, untuk menyisipkan pemisah baris,  buka menu Insert, Break.
   - Menyisipkan garis horizontal, untuk menyisipkan garis horizontal : Insert, Horizontal line.
  - Style paragrap, untuk memformat secara cepat  paragrap dapat dilakukan dengan memilih style paragrap  yang  sudah ada. Caranya buka menu  Format,   Paragraph, pilih style yang diinginkan (normal,  heading,   address  atau  yang lain).

Lebih lanjut
- Bookmark, adalah bagian dari dokumen yang  diberi  nama, tujuannya untuk   memudahkan  kita dalam  menavigasi  link dalam  dokukmen   yang  sedang  dibuka   (internal   link). Menyisipkan bookmark,  pilih  bagian  dokumen  yang  akan diberi  nama,   buka  menu  Insert,  Bookmark,  beri  nama bookmark tersebut.
- Link atau hyperlink, adalah teks atau gambar yang  dapat digunakan untuk melompat ke bagian lain dalam satu dokumen atau bahkan bisa melompat ke dokumen lain dalam satu situs atau bahkan dokumen yang terletak  di  belahan  bumi  yang lain. Caranya : pilih teks  yang  akan  dijadikan sebagai hyperlink, menu Insert, Hyperlink.
- Marquee
  Fasilitas ini digunakan untuk membuat  teks  atau  tabel atau gambar bergerak secara horizontal di layar  browser. Untuk  membuat  marquee,   pilih  teks/gambar   yang   akan dijadikan marquee,   buka  menu  Insert,  Active  Elements, Marguee.
- Properti halaman
  Properti  halaman  digunakan  untuk   mengatur    setting halaman, baik background, warna  maupun  image  yang   akan dijadikan sebagai latar belakang. Caranya klik kanan  pada halaman, dari menu yang muncul pilih Page Properties.
- Undo/redo
  Untuk membatalkan perintah  yang  pernah  kita  lakukan, caranya  buka   menu   Edit,  Undo/Redo.    Redo   artinya membatalkan apa yang pernah kita batalkan.
- Mencari dan mengganti teks
  Kita dapat mencari dan mengganti  teks  tertentu  secara cepat dengan menjalankan perintah menu Edit, Find/Replace.
- Menampilkan dan mengedit HTML
  Bagi Anda yang menguasai HTML, Anda bisa melihat dokumen anda dalam kode  HTML   dan Anda  juga  bisa  mengeditnya. Caranya buka menu View, HTML.
- Berpindah antar dokumen aktif
  Kita bisa membuka lebih dari satu file/dokumen pada saat yang bersamaan. Untuk pindah antar dokumen aktif  (dokumen yang sedang dibuka), buka menu Window,   dari  daftar  file pilih dokumen yang akan kita edit/tampilkan.
- Menampilkan dokumen kita dalam browser
  Untuk menguji dokumen kita sudah sesuai apa belum,  kita bisa      menampilkannya di browser,      sebelum mempublikasikannya. Caranya pada Editor, buka  menu  File, Preview in Browser.

Bekerja dengan file halaman
- Membuat dokumen baru
  Untuk membuat dokumen baru, buka menu File,  New,  pilih normal page, klik ok.
- Membuka dokumen yang sudah ada. File, Open,  pilih  file yang akan dibuka.
- Menyimpan dokumen,  buka  menu  File,  Save,   beri  nama dokumen dan judulnya.
- Menyimpan gambar, dalam FrontPage file  gambar  disimpan dalam file yang berbeda dengan file dokumen. Caranya  buka menu File, Save, tentukan folder dan nama file.

Membagi halaman menjadi Frame
  Tujuan dari frame adalah agar kita  bisa  membagi  layar menjadi beberapa bagian dan tiap bagian dapat  menampilkan dokumen yang berbeda. Kita juga dapat menampilkan  dokumen dapat frame  tertentu.  Untuk  membuat   frame  kita  harus menggunakan template Frame, yaitu buka menu File, New, tab Frame,  dari  daftar  frame  pilih    bentuk   frame   yang diinginkan.
Membuat Tabel, untuk membuat tabel, mengedit, pengatur properti tabel dan lain-lain dapat dilakukan dari menu Table. Langkah-langkah membuat tabel sama seperti membuat tabel pada Microsoft Word. Untuk mengatur properti tabel, Klik kanan pada tabel, pilih Table Properties.
Membuat form pengumpulan informasi dari pengunjung. Untuk menyisipkan informasi dari pengunjung, Caranya Buka Menu File,New, pilih template Feedback Form PADA tab PAGE

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Cara Membuat Frontpage

A. Pengertian Frontpage Microsoft FrontPage (MS FrontPage) adalah sebuah program untuk membuat, mendesain, dan mengedit halaman World Wide Web seperti menambahkan text, images, table, form, dan elemen lain di halaman Web. MS FrontPage menampilkan itu semua seperti apa yang ditampilkan di Web browser. Secara otomatis file akan menjadi sebuah kode HTML (Hyper Text MarkUpLanguage). Frontpage dirancang sebagai tool yang mudah untuk menghasilkan halaman atau situs web, tanpa perlu pemrograman. Contoh hasilnya seperti Gambar 2.4. Ada beberapa tahap yang diperlukan untuk mendisain situs web, yaitu: 1. Membuat daftar kebutuhan dan menetapkan tujuan 2. Mengorganisasi informasi 3. Menentukan struktur aplikasi 4. Menentukan struktur navigasi Tampilan pada Frontpage seperti pada gambar di bawah ini : B. Cara Membuat Frontpage Home page adalah halaman awal yang akan dibuka ketika seseorang mengunjungi situs web kita. Tahap pertama membuat situs adalah membuat

10 December lyric Pick ~

i Finally have something to blog, udah lama banget ga buka blog , dari pada bosan sekarang jam 02:15am WIB , di kamar sendiri pake laptop di meja belajar matiin lampu . entah kenapa gua bikin post kayak gini yang mungkin menurut lo semua alay , but Fk it. i'm just doing what i like , well not really because i have nothing to do. Absolutely Nothing  .  everyone's asleep except me , and i have school this morning but fahk it , i can't sleep anyway . 1) Sum 41 - Fatlip " I I don't want to waste my time Become another casualty of society." 2)  Arctic Monkeys - Cornerstone  "i'm beginning to think i imagined you all along " 3) Arctic Monkeys - This House is a circus "The More you open your mouth ,  the more you're forcing performance" 4)Blink 182 - Down "Tidal Waves they flipped right through me,  kiss from eyes worn cold and sad Wake me up now , i miss you so bad " 5) Lenka - The Show "Life is  a maze